STUDI KUNJUNGAN HIMPUNAN AKUNTANSI FEB UKI KE BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

 

Pada Hari Selasa, 14 November 2023, sebanyak 34 mahasiswa/i anggota Himpunan Akuntansi (HIMA) melaksanakan kegiatan studi kunjungan ke Bursa Efek Indonesia di Jakarta Pusat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai investasi bagi anggota HIMA. Kegiatan Studi Kunjungan ini merupakan salah satu program kerja dari HIMA FEB UKI.  

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Adjie Bagoes Hermanto selaku perwakilan dari Market Development Division Bursa Efek Indonesia memaparkan materi mengenai sejarah Bursa Efek Indonesia, penjelasan mengenai investasi yang ada di pasar modal Indonesia, serta keuntungan yang didapat dari melakukan investasi. 

Dari penjelasan yang didapat bahwa untuk memulai investasi, calon investor harus mampu mengelola keuangannya masing-masing. Terdapat 2 macam aset yaitu aset konsumtif dan aset produktif. Aset konsumtif merupakan aset yang nilainya akan turun, misalnya berbelanja. Sedangkan aset produktif merupakan aset yang nilainya selalu bertumbuh, misalnya berinvestasi saham atau membeli emas. Semua merupakan pilihan bagi calon investor sendiri. 

Terdapat halangan untuk dapat mengelola keuangan yaitu perilaku FOMO (Fear Of Missing Out) atau perilaku ketakutan untuk kehilangan mengikuti trend terikini dan perilaku berbelanja mengunakan system pembayaran cicilan atau kredit sehingga penghasilan yang didapat hanya selalu dihabiskan untuk membayar cicilan. Maka dari itu berinvestasi dapat menjadi pilihan terbaik karena mata uang dapat mengalami inflasi, kebutuhan yang selalu meningkat, antisipasi dari bencana, dan dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan baru. 

Pasar modal di Indonesia dapat dianalogikan sebagai pasar pada umumnya yang merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual. Produk yang dijual di pasar modal biasanya adalah saham, obligasi, dan reksadana. Manfaat dari pasar modal bagi masyarakat adalah terbukanya lapangan pekerjaan yang baru, bagi investor adalah meningkatkan kekayaannya, bagi emiten adalah sebagai sumber pendanaan jangka Panjang untuk mengembangkan usahanya, dan bagi negara adalah mendorong pembangunan di pusat dan daerah. Per tanggal 10 Oktober 2023 telah terdapat 895 jumlah emiten dan pastinya akan terus bertambah. Beberapa yang terkenal diantaranya perusahaan Indofood, Unilever, Bank BCA, dsb.  

Keuntungan dari investasi saham sendiri adalah kita sebagai investor akan mendapatkan dividen yang merupakan bagi hasil keuntungan yang diperoleh perusahaan dan capital gain yaitu selisih keuntungan Ketika harga jual saham lebih tinggi dari harga beli. Namun perlu diketahui bahwa berinvestasi saham pastinya memiliki risiko. Beberapa risiko investasi saham adalah risiko pasar yaitu risiko Ketika harga saham yang dimiliki turun dan risiko likuidasi yaitu risiko Ketika perusahaan yang sahamnya dimiliki dibubarkan. 

Bursa Efek Indonesia mengajak seluruh calon investor untuk menjadi investor yang cerdas dengan cara : 

  1. Paham 
  • Pastikan mulai dari uang yang memang dialokasikan untuk investasi. 
  • Pahami dan tetapkan tujuan investasi. 
  • Paham profil risiko diri sendiri. 
  • Paham profil risiko dan return setiap produk investasi dan ingat prinsip. 
  • Paham bisnis dan keuangan yang berkaitan dengan produk investasi kita. 
  • Berbagai alat bantu disediakan untuk memudahkan pemahamanmu. 
  1. Punya 
  • Pastikan perusahaan tempat kita membeli produk investasi layak dipercaya. 
  • Kenali SID dan fungsi AKSES. 
  • Buka rekening dan miliki produk investasi yang kamu inginkan. 
  • Pastikan transfer ke rekening yang tepat. 
  • Punyai akses penuh untuk top-up dan penarikan serta rahasiakan username dan passwordmu. 
  • “Don’t put your eggs in one basket”. 
  1. Pantau 
  • Cek ke rekening investasi secara berkala atau ke AKSES. 
  • Pantau berita dan perkembangan dan kinerja perusahaan yang berkaitan dengan produk investasi kita. 
  • Pantau indicator pergerakan harga, supaya bisa memanfaatkan momentum tepat untuk jual atau beli. 
  • Kenali berbagai alat bantu dalam memitigasi risiko. 
  • Investasi itu tidak instant. Orientasinya jangka Panjang, dan effortnya perlu dilakukan secara berkala dan rutin. 
  • Pasar modal itu dinamis. 

Studi kunjungan ke Bursa Efek Indonesia tentu menjadi salah satu cara meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa/i mengenai berinvestasi pasar modal. Diharapkan kegiatan kunjungan studi seperti ini dapat terus dilakukan oleh perguruan tinggi di Indonesia untuk membantu mahasiswa/i memperoleh pembelajaran dan pengetahuan diluar kampus mereka

 

Share this Post

DAFTAR BEASISWA E-Journal ID | EN
https://cdc.iainponorogo.ac.id/wp-content/gampang-menang/https://cdc.iainponorogo.ac.id/-/demo/https://kebonagung.pacitankab.go.id/-/gampang-menang/